Optimalisasi Sekretariat DPRD Terhadap Peran dan Trifungsi DPRD dalam Pembangunan Kota Depok

GDC, penadepok.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar acara pertemuan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sekretariat DPRD Kota Depok yang membahas Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Sekretariat DPRD Kota Depok Tahun 2022 secara tatap muka dan virtual, di Ruang Aula Paripurna DPRD Kota Depok, Jalan Boleuvard Raya GDC Kota Depok, Jawa Barat, (23/02/2021)

Rapat yang bertemakan “Optimalisasi Sekretariat DPRD Terhadap Peran dan Trifungsi DPRD dalam Pembangunan Kota Depok” dibuka dengan pembacaan dari Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Depok Sri Utomo, juga dihadiri Ketua DPRD Kota Depok TM Yusuf Saputra dan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol DPRD Kota Depok Muksit Hakim.

Dalam sambutannya sebagai Sekretaris Dewan Dra.Kania Parwanti menyampaikan,” Tahun 2021 sampai 2026 Kota Depok memiliki Visi yaitu: Kota Depok yang maju berbudaya dan sejahtera.
Dalam mencapai Visi tersebut ada Misi yang hendak dicapai di antaranya:

1. Peningkatan pembangunan infrastruktur berbasis dan berwawasan lingkungan. Meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang modern dan partisifatif.

2. Mewujudkan masyarakat yang religius dan berbudaya berbasis kebhinekaan dan ketahanan keluarga. Mewujudkan kota yang sehat, aman, tertib dan nyaman. Visi Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera, memiliki misi diantaranya meningkatkan pembangunan infrastruktur teknologi lingkungan, meningkatkan tata pemerintahan dan pelayanan publik berbasis dan berwawasan kelola modern dan partisipatif, mewujudkan masyarakat yang religius dan berbudaya berbasis kebhinekaan dan ketahanan keluarga, mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing, mewujudkan kota yang sehat, aman, tertib dan nyaman, “ujar Sekretaris DPRD Kota Depok Kania Parwati”.

“Maksud dan tujuannya meningkatkan kualitas pelayanan Sekretariat DPRD bagi peningkatan kapasitas atau kinerja DPRD, sasarannya meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan dalam terhadap DPRD, selanjutnya indikator pelayanan kepuasan pelayanan Sekretariat DPRD dengan target DPRD terhadap ‘BAIK’, hingga mencapai target Predikat SAKIP A,” tegas Kania

Untuk itu, lanjut Kania, Sekretariat DPRD juga berpatokan pada isu-isu strategis pada tahun 2022 yaitu: 1.peningkatan profesionalisme dan akuntabilitas kerja Sumber Daya Manusia (SDM),
2. Restrukturisasi dalam organisasi reformasi birokrasi Sekretariat DPRD, 3.Eskalasi sarana dan prasarana gedung penunjang kegiatan DPRD
4.Peningkatan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan, dan kelima adalah pengembangan pelayanan trifungsi DPRD, “pungkas Sekretaris DPRD Kota Depok itu.

Dalam data paparan Forum Sekretariat DPRD Kota Depok Tahun 2022, Kania Parwati juga menyampaikan Proses Penyusunan Renja Setwan salah satunya adalah pengadaan alat kelengkapan lain untuk Badan Kehormatan Dewan (BKD), belanja kebutuhan rutin Setwan pada Badan Anggaran (Banggar), dan belanja penunjang kegiatan DPRD .

Untuk yang terakhir, juga diulas Rencana Program Tahun 2022 Sekretariat DPRD Kota Depok yang meliputi ‘Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten atau Kota, dan Program Dukungan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi DPRD’, yang ditutup dengan paparan ‘Program Rencana Kegiatan Tahun 2022’ yang terdiri dari 15 kegiatan, indikator kerja, beserta target capaiannya.” tutup Kania. (Icha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *