Jelang Musim Penghujan, Kali Cabang Barat Dibersihkan

Satgas SDA saat bersihkan kali cabang barat

Depok, Pena Depok
Sejumla satuan tugas (satgas) Bidang Sumber Daya Air(SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok bersihkan sampah di Kali Cabang Barat, Kelurahan Mampang, Pancoran Mas, Depok, Jumat (31/8/2018).

Pantauan dilokasi, tampak satgas SDA tersebut bahu membahu membersihkan sampah yang ada di sungai selebar hampir 12 meter tersebut.

Menurut salah satu satgas, terjadinya penumpukan sampah akibat menurunnya debit air.

“Setelah beberapa bulan tidak turun hujan, intensitas air di kali cabang barat ini menurun, makanya sampah yang ada di dasar kali tampak naik,”.

Ia katakan kerja satgas juga semakin keras akibat penurunan debit air itu. “Wilayah kerja kami di Pancoran Mas, sebagian besar kali mengalami penurunan debit air, sehingga sampah semakin terlihat banyak,” sambungnya.

Dilain tempat, Kepala Bidang SDA, Citra Indah Yulianti kinerja satgasnya. “Luar biasa kerja satgas SDA DPUPR Kota Depok. Dengan personel terbatas, mereka bekerja keras bersihkan sampah di beberapa lokasi,”.

Selain di Kelurahan Mampang, tambah Citra, sepanjang saluran air di kali cabang terdapat lima satgas yang bergerak bersihkan sampah di sungai.

“Mulai dari hulu hingga hilir sungai tersebut (kali cabang barat.red), ada 5 satgas yang bertugas Jumat pagi tadi,” ujarnya.

Kemarau panjang yang terjadi, kata Citra, menyebabkan beberapa sumber air mengalami proses sedimentasi. “Lumpur terlihat meninggi ketika air surut,”.

Selain kali cabang barat, Citra juga sebutkan bidang SDA juga tengah membersihkan rumput liar di situ Bojongsari, kali Cabang Tengah di Ratujaya, dan di wilayah timur Depok.

“Ada juga perbaikan turab di Kelurahan Tugu, Cimanggis dan normalisasi kali Eggram Sawangan,” pungkasnya. (Novi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *