Penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

DEPOK, penadepok.com – Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatanmanusia.

Acar ini diselengarakan Di Aula Kelurahan Sukamaju, yg di buka oleh Sekcam. Cilodong yg didamping Lurah Sukamaju serta 2 Narasumber Dr.  Erna Hayati  & Aria Sutantri Serta Ibu  Ria dari Puskesmas Sukamaju. Yg hadir para undangan dr PKK Kelurahan,  Para Kader Posyadu, para Ketua RW se kelurahan Sukamaju,  acara ini di buka oleh Sekretaris kecamatan Cilodong, Bapak Sumarna, Dalam sambutanya, Mengajak semua masyarakat Bahaya ini mungkin bisa terjadi secara fisik, mikrobiologi dan agen-agen kimia atau biologis dari penyakit terkait. Bahan buangan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan terdiri dari tinja manusia atau binatang, sisa bahan buangan padat, air bahan buangan domestik (cucian, air seni, bahan buangan mandi atau cucian), bahan buangan industri dan bahan buangan pertanian. Cara pencegahan bersih dapat dilakukan dengan menggunakan solusi teknis.

Dr Erna.. Pemaparan tentang Dampak ODF. ( Open Defecation Free) Terhadap kesehatan perawatan cucian dan sisa cairan buangan), teknologi sederhana (contohnya kakus, tangki septik), atau praktik kebersihan pribadi (contohnya membasuh tangan dengan sabun). Yg perlu diperhatikan, Mengubah Prilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

Definisi lain dari sanitasi adalah segala upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan. Sementara beberapa definisi lainnya menitik beratkan pada pemutusan mata rantai kuman dari sumber penularannya dan pengendalian lingkungan.

Narasumber Ari Sutantri memaparkan tentang STBM ( sanitasi Total Berbasis Masyarakat….merupakan pendekatan untuk. Merubah perilaku higienes dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan STBM menjadi acuan…

Menurut keterangan Lurah Sukamaju Bpk.  Nurhadi SH.  Acara ini berkat kerjasama antara Dinkes.  Kota Depok dan Alhamdulilah dapat terlaksana dgn baik.  Semoga Pemaparan pemaparan yg disampaikan dari para nara sumber,  dapat menyampaikan kemasyarakat.. Secara baik.. Pungkasnya.(Novi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *