KPU Kota Depok Adakan Pelantikan Dan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Penadepok.com – Pelantikan Relawan Demokrasi dan Bimbingan Teknis bagi 55 Anggota berlangsung hari ini, Kamis (24/01/2019) di Bumi Wiyata Kota Depok.

Ketua KPU Depok Nana Subarna mengatakan, sesuai dengan agendanya hari ini bisa melaksanakan kegiatan pelantikan sekaligus dilanjutkan dengan bimbingan teknis terhadap relawan demokrasi KPU Kota Depok.
Dikatakan.

“Dalam pemilihan umum salah satu stakeholder yang dapat berpartisipasi adalah masyarakat selain aktor-aktor pemilu yang lain tetapi masyarakat juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam kegiatan Pemilu,” ujar Nana Subarna.

“Oleh karena itu, salah satu yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia adalah mengangkat relawan demokrasi di seluruh tanah air perlu adalah program relawan demokrasi ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Disebutkan, dengan merekrut 55 orang setiap kabupaten kota sebagai relawan demokrasi perlu saya sampaikan mereka yang terbaik dan sudah melalui proses rekrutmen yang KPU Kota Depok.

Dari 148 orang yang mendaftar tersebut KPU kemudian melakukan seleksi dan memilih 55 yang hari ini resmi menjadi relawan demokrasi KPU Kota Depok.

“Tujuan daripada kita melakukan rekrutmen ini memilih yang terbaik untuk membantu kami yang nanti akan bekerja selama 3 bulan ke depan. Tujuanlainnya bagaimana kita meningkatkan tingkat partisipasi untuk Pemilu 2019 ini sesuai dengan target KPU Kota Depok 80%,” ucapnya.

“KPU Depok akan bekerja keras untuk mencapai target itu 2014 target kita di angka partisipasi pemilih kita diangkat 73%. Kita masih punya PR besar untuk bagaimana meningkatkan tingkat partisipasi pemilih untuk Pemilu 2019 ini semaksimal mungkin agar target tingkat partisipasi di kota yang kita cintai ini dapat terwujud dapat kita wujudkan dengan kebersamaan dengan bekerja sama semua unsur untuk turun ke semua basis yang ada di wilayah Kota Depok. KPU Depok menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa KPU Kota Depok saat ini sedang Tengah mempersiapkan persiapan logistik Pemilu logistik. Logistik Pemilu adalah bagian dari hal yang harus kita perhatikan jauh-jauh hari. Jadi apa yang kami bisa kerjakan hari ini kami kerjakan untuk mencicil pekerjaan supaya urusan pengelolaan logistik ini dapat dikelola dengan baik,” tegasnya.

Menyinggung tentang kelengkapan Pemilu Nana Subarna menjelaskan bahwa kotak suara, bilik suara, kemudian sampul, kelengkapan TPS dan semua kebutuhan di TPS kecuali formulir dan surat suara yang belum sampai di gudang KPU Depok.

Nana mengatakan, pemilu yang berjalan tinggal 83 hari lagi ke depan ini menjadi perhatian kita bagaimana supaya pelaksanaan Pemilu di Depok dapat berjalan dengan baik dengan persiapan-persiapan yang betul-betul kita optimalkan.

Dikatakan, tahapan pemilu yang sedang berjalan adalah kampanye, sebagai penyelenggara KPU Depok melibatkan relawan demokrasi dalam memantau pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan kita semua dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga pelaksanaan Pemilu di Kota Depok dapat berjalan dengan baik aman lancar dan sukses tanpa ekses,” tandasnya.

Sementara itu Plt Walikota Depok Pradi Supriyatna mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPU Kota Depok yang telah melaksanakan kegiatan ini dan menyiapkan para relawan ini.

“Saya pikir bagian dari inovasi ya, bagaimana upaya-upaya untuk meningkatkan partisipasi aktif dari masyarakat tadi di periode lalu 2014 yang hanya 73% dan mudah-mudahan dengan inovasi-inovasi dan gagasan yang sangat berlian ini akan menambah partisipasi dari masyarakat di Kota Depok,” ujarnya.

“Boleh dicatat walaupun saya bukan sebagai relawan demokrasi yang memang independensi saya wajib sebagai pimpinan wilayah menjadi relawan demokrasi secara personal, artinya jika nanti perlu sosialisasi yang dilakukan relawan kami siap berpartisipasi,” katanya.

Menurutnya, relawan ini mewakili dari berbagai elemenn masyarakat dari 11 kecamatan yang ada di Depok. “Bilamana nanti kami diperlukan harus hadir di wilayah bersama dengan teman relawan dirinya siap,” ungkap Pradi Supriyatna.

“Jika kita lihat negara maju di mana demokrasinya sudah begitu luar biasa partisipasi masyarakat dibantu relawan-relawan yang juga luar biasa yang mungkin pada akhirnya kita semua arah ke sana. Boleh saja dalam satu tempat nanti kita kumpul bersama dan saya siap untuk hadir ya bagaimanapun ini tugas dan tanggung jawab kita bersama, apalagi suasana suasana yang kita inginkan adalah suasana suasana yang pada hari yang nyaman buat semua ” ajak Pradi.

“Jadi jangan sampai kita senang yang panas-panas, tapi suasana yang sejuk, mudah-mudahan temen-temen juga bagian dari itu,” pungkasnya.(Novi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *