Hujan di Kota Bekasi Disertai Butiran Es

Pewarta : Icha

BEKASI, penadepok.com – Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Bekasi-Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Di sejumlah wilayah, hujan juga disertai butiran es.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi, Agus Harpa mengatakan, “Hujan es disertai angin itu terjadi diwilayah Jatiasih, Pondok Gede, Pondok Melati dan Jatisampurna Bekasi. Daerah yang dilanda hujan es, yakni Kecamatan Jatiasih.”

“Hujan es batu mulai kurang lebih pukul 14.55 WIB. Awalnya kecil, terus besar dan disertai angin kencang,” kata Agus saat dihubungi, Rabu (14/4/2021).

Agus mengatakan, “Butiran es itu sebesar jari kelingking orang dewasa. Sampai saat ini belum ada laporan rumah rusak akibat hujan es.”

“Fenomena hujan es itu menunjukkan kondisi adanya konvektifitas yang dapat menyebabkan tumbuhnya awan kumulonimbus.
Awan kumulonimbus adalah sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir serta cuaca dingin lainnya.” tegasnya.

“Kumulonimbus berasal dari bahasa latin kumulus berarti terakumulasi dan Nimbus berarti hujan awan ini berbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer.
Hujan es di Kota Bekasi juga ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa pengguna media sosial Twitter membagikan rekaman maupun foto hujan es yang terjadi di wilayah mereka.” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *